Sabtu, 16 Oktober 2021

Nur Asia Uno Dukung Pelestarian Bekantan Melalui Indonesia Modest Fashion Week

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN -Komitmen Nur Asia Uno, istri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), untuk pelestarian bekantan (Nasalis larvatus) tidak diragukan lagi.

Nur Asia Uno

Dirinya tercatat sebagai donatur, sekaligus penggagas perhelatan Indonesia Modest Fashion Week (IMFW) 2021 dengan tema Save Bekantan, yang akan dikampanyekan melalui ajang pergelaran mode di beberapa negara, seperti Amerika, Rusia dan Italia.

Untuk mengenal lebih jauh tentang bekantan dan upaya pelestariannya, Nur Asia Uno rela terbang ke Banjarmasin dan melihat langsung upaya pelestarian bekantan yang dilakukan oleh Yayasan Sahabat Bekantan Indonesia (SBI) dan berjumpa dengan Amalia Rezeki, selaku founder SBI.

“Sengaja saya datang ke Banjarmasin untuk melihat langsung bekantan dan upaya pelestariannya yang dilakukan oleh Amalia Rezeki bersama tim-nya. Saya berkunjung ke Bekantan Rescue Center di Banjarmasin dan Stasiun Riset Bekantan di Pulau Curiak di Barito Kuala," jelas Mpok Nur, panggilan akrab istri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini, Sabtu (16/10/2021).

Lebih lanjut Mpok Nur, memberi apresiasi yang tinggi kepada Amalia Rezeki atas dedikasinya menyelamatkan bekantan.

Ia juga berharap, upaya mulia ini bisa ditularkan kepada generasi muda, agar generasi akan datang lebih peduli terhadap lingkungan dan pelestarian alam.

Wujud komitmennya terhadap pelestarian bekantan, Mpok Nur bersedia didaulat sebagai pembina SBI.

Dirinya berjanji akan terus mendukung upaya pelestarian Bekantan yang populasinya dialam hampir punah dan masuk dalam daftar merah lembaga konservasi internasional-IUCN.

Mpok Nur mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama melindungi bekantan yang saat ini populasinya di alam terancam punah.

“Kita sedang mengkampanyekan kepada masyarakat Indonesia, bekantan ini adalah binatang sangat langka dan hanya ada di Pulau Kalimantan. Kalau bukan kita yang menyelamatkannya, siapa lagi, kalau bukan sekarang, kapan lagi. Bekantan ini adalah makhluk Allah SWT yang dianugerahkan kepada kita untuk dilindungi,” jelasnya.

Sementara itu, Jeny Tjahyawati Founder Indonesia Modest Fashion Week dan ketua umum Indonesia Modest Fashion Desainer IMFD mengungkapkan Indonesia Modest Fashion Week 2021 ingin membawa kolaborasi fashion dengan lingkungan alam, di Miami, USA.

Menurut Jeny, Mpok Nur adalah pembina dari IMFW, beliau sangat konsen dengan pelestarian alam dan lingkungan.

“Untuk itu kali ini temanya Save Bekantan. Jadi, kita membuat design baju ikon Bekantan untuk Save Bekantan," katanya.

IMFW yang digelar tahun ini, diikuti oleh 12 designer Indonesia baik dari Jakarta, Bandung, Surabaya, termasuk melibatkan designer lokal asal Kalsel.

Pengambilan gambar untuk fashion dilakukan di Siring Taman Bekantan di Banjarmasin dan Stasiun Riset Bekantan, Pulau Curiak, Barito Kuala.

Perhelatan ini mendapat dukungan penuh pemerintah kota Banjarmasin, dengan menggandengkan Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) 2021 go global.

Source : Banjarmasin Post


0 komentar:

Posting Komentar