Senin, 29 Juni 2015

Novtamaputra Minta Maaf, Posting Foto Bekantan Hasil Buruan

Pengguna Jejaring Sosial  Instagram  mendadak ramai setelah pemilik akun Novtamaputra mengunggah foto dirinya bersama seekora Bekantan (Nasalis larvatus), sejenis primata endemik yang merupakan maskot Provinsi Kalimantan Selatan. Di fotonya tersebut Ia berpose bersama seekor Bekantan jantan dan diberi judul "hasil berburu".

Kecaman dan komentar bernada prihatin bermunculan tidak hanya di instagram tetapi juga facebook tidak sedikit pula dari mereka meminta Sahabat Bekantan Indonesia menelusuri kebenaran informasi ini dan berharap si pemilik akun di hukum.

Menyadari dirinya menjadi bulan-bulanan kecaman alias di "bully" di media sosial, pemilik akun facebook Novtama Putra Widhyadi ini langsung menyampaikan permohonan maaf dan mengklarifikasi foto yang di unggahnya. 

"Untuk semua orang saya mohon maaf karena telah mengupload foto ini. Ini bukan untuk mencari nama atau apa-apa, saya tidak bermaksud apa-apa, saya mau mengklarifikasi bahwa bukan saya yang berburu hewan ini. Ini adalah hasil buruan orang dikebun keluarga di kampung tepatnya di kabupaten Murung raya. Yang awalnya, buruan orang tersebut adalah babi, karena saya tahu hewan ini langka dan saya juga pertama kali melihat hewan ini secara langsung. Saya sangat minta maaf karena difoto ini saya tulis 'hasil berburu' tapi sebenarnya bukan saya yang berburu dan untuk sekedar diketahui saya tidak memakan daging ini, saya datang ke kampung karena saya pulang liburan, saya sangat meminta maaf sekali untuk seluruh pihak yang merasa dirugikan karena foto ini," tulis novtamaputra, dikutip dari akun instagram.

Kejadian ini hendaknya menjadi peringatan bagi anda pengguna sosial media untuk berpikir lebih "waras" dengan tidak mengunggah foto serupa. Saat tulisan ini dirilis, Novtama telah mengaktifkan privasi di akun instagramnya dan sepertinya telah menonaktifkan akun facebooknya. (mj)

1 komentar:

  1. Semua orang tau kalo bekantan itu maskot dan ga boleh sembarangan dibecandain. tp yang 1 ini kok ya bisa2nya bilang hasil buruan. bukan buruan dia pula.
    ya gitu deh kalo emang niat mau pamer doang. taunya yang dipamerin bukan punya dia.
    malunya dua kali.

    BalasHapus